Kumpulan Tips WhatsApp



WhatsApp, tidak bisa dipungkiri, merupakan layanan instant messaging yang paling banyak digunakan di Indonesia. Instant messaging yang satu ini memang memiliki banyak sekali fungsi yang terus ditambahkan oleh tim pengembangnya, termasuk salah satu fungsi terbaru yang cukup populer, yaitu WhatsApp Call. 

Namun, apakah Anda tahu cara memanfaatkan semua fungsi yang tersedia tersebut?

Hingga beberapa waktu ke depan, kami akan coba membuat berbagai tips untuk menggunakan fungsi-fungsi itu dan mengumpulkannya dalam artikel ini, khusus untuk WhatsApp di perangkat Android. Berikut ini adalah kumpulan tips yang telah kami buat:

1. Kirim Foto Langsung Dari Kamera
Bagi Anda pengguna smartphone, mungkin tidak akan asing dengan aplikasi bernama “WhatsApp”. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pengguna perangkat mobile untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya secara gratis menggunakan koneksi internet, dan membuatnya menjadi salah satu aplikasi chatting/messaging yang populer bahkan di Indonesia.
WhatsApp ini sendiri memiliki beragam fitur yang bisa Anda gunakan selama berkomunikasi dengan teman atau keluarga Anda. Dan kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara untuk membagikan gambar atau foto secara langsung dari kamera perangkat mobile Anda.

2. Kirim Foto Dari Galeri
Berbagi gambar dan foto nampaknya telah menjadi salah satu fitur wajib untuk beragam aplikasi chatting atau messaging. Rasanya belum lengkap jika berkomunikasi hanya melalui teks dan emoticon saja. Dengan gambar, pengguna bisa saling berbagi visual yang lebih nyata dan pastinya bisa mengembangkan percakapan yang tengah dilakukan lebih baik lagi.
Sebelumnya, kami telah memberikan tips berbagi gambar secara langsung melalui fitur kamera perangkat mobile yang dimiliki. Dan kali ini, untuk melanjutkan dari tips sebelumnya kami akan memberikan tips bagaimana cara untuk membagikan gambar atau foto secara langsung dari album foto atau gambar di perangkat mobile Anda.

3. Mengirim Kontak Dan Nomer Telpon
Saat berbicara dengan rekan Anda melalui WhatsApp, ada kalanya rekan Anda membutuhkan kontak atau nomer telepon milik orang lain untuk mereka gunakan di akun mereka. Tentunya, saat ini, Anda tidak lagi perlu untuk mencatat alamat email atau nomer telepon yang ingin Anda kirimkan secara manual kemudian mengetiknya di jendela chat. Anda bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh layanan instant messaging untuk langsung mengirimkan kontak dan nomer telepon secara cepat.

4. Kirim Video Dari Galeri
Seiring persaingan yang semakin ketat serta perkembangan gadget yang sudah semakin canggih, sang pemilik WhatsApp pun terus melakukan beragam upgrade seperti penambahan fitur-fitur menarik.
Salah satu fitur yang terdapat pada WhatsApp dan akan kami bahas adalah mengirim video. Proses pengiriman video dari WhatsApp sebenarnya bisa melalui dua sumber, dan yang akan kami bahas kali ini cara mengirim video dari Gallery.

5. Kirim Video Langsung Dari Kamera Smartphone
Setelah sebelumnya kami sempat membahas fitur mengirim video dari Gallery, kali ini kami mencoba ingin memberikan tips masih seputar aplikasi WhatsApp, bagaimana cara mengirim video ke rekan Anda langsung dari kamera smartphone Anda.
Pada fitur ini, pihak WhatsApp tampak memberikan beberapa kemudahan penggunaan. Anda bisa mengirim video yang direkam, lalu mengeditnya kembali untuk memilih durasi waktu yang ingin ditentukan. Biasanya video dengan durasi antara 10 – 20 detik sudah lebih dari cukup. Apalagi bagi Anda yang hanya sekedar ingin melepas rindu kepada rekan atau saudara yang berada ditempat yang jauh untuk sekedar mengucap salam atau memberikan selamat hari raya. Tentunya fitur ini akan sangat membantu sekali.

6. Mengirim Lokasi GPS
Butuh mengirim titik lokasi di mana Anda berada ke rekan Anda? Anda dapat melakukannya melalui aplikasi instant messaging populer yang banyak digunakan di Indonesia, WhatsApp.

7. Update Status
WhatsApp sendiri juga memberikan fitur “Status” bagi mereka yang ingin menginformasikan keadaannya saat ini tanpa harus memberitahukan ke semua orang bahwa dirinya mungkin sedang sibuk atau sedang berada di dalam bioskop. Nah, bagaimana caranya Anda bisa mengganti “Status” tersebut supaya semua orang bisa melihatnya? 

8. Ganti Foto Profil
Ketika fitur handphone pada umumnya hanya memberikan identitas berupa nomor telepon saja, aplikasi messaging atau chatting yang beredar saat ini juga turut memberikan sebuah profile yang lebih lengkap untuk memudahkan penggunanya saling mengenali satu dengan yang lainnya.

Hal ini tentu saja tidak terkecuali WhatsApp yang memberikan fitur untuk para penggunanya sehingga mereka bisa mengubah nama serta foto profile untuk memberikan identitas yang lebih jelas dari sekedar nomor telepon saja.
Ketika memulai aplikasi WhatsApp, Anda akan diminta untuk menuliskan nama serta mengganti foto profile.

9. Ganti Display Name
Aplikasi messaging/chatting populer WhatsApp merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang memberikan opsi utama untuk para penggunanya berupa pengantian nama serta foto profile untuk memberikan identitas yang lebih jelas dari sekedar nomor telepon saja. Jika sebelumnya kita telah berbicara bagaimana cara mengganti foto Profile, sekarang kita akan memberikan langkah-langkah mudah untuk mengganti Nama atau Display Name di WhatsApp kita!

10. Blokir Kontak
Ketika menggunakan WhatsApp, kadang ada saatnya di mana Anda mendapatkan pesan atau telepon dari nomor asing yang tidak dikenal. Dan tidak jarang pula bahwa nomor kontak asing tersebut sangat mengganggu akvititas Anda sehingga membuat Anda tidak ingin mendapatkan pesan maupun telepon dari kontak asing tersebut untuk seterusnya.

WhatsApp memiliki fitur untuk memblokir nomor kontak yang mengganggu dan Anda tidak ingin mereka untuk bisa mengirim pesan maupun menelepon melalui fitur WhatsApp sampai seterusnya.

11. Nonaktifkan Tanda Read Pada Chat
Pada update WhatsApp yang tempo lalu sempat diluncurkan, terdapat fitur baru di mana penggunanya bisa melihat apakah pesan yang dikirimkan telah dibaca oleh penerimanya atau tidak. Tanda tersebut berupa dua buah centang berwarna biru yang terdapat di pojok kanan bawah dari balon chat. Jika ada tanda centang biru ini, artinya pesan Anda telah terkirimkan dan telah dibaca (read) oleh penerimanya.

Namun apakah Anda tahu bahwa tanda tersebut bisa dinonaktifkan, sehingga pengirimnya tidak akan mengetahui apakah pesan tersebut telah dibaca atau belum?

12. Kirim File MP3
Aplikasi WhatsApp memang sangat mampu diandalkan untuk berkomunikasi ke sesama pengguna secara sederhana melalui teks. Bahkan, untuk lebih menyenangkan lagi dalam penggunaannya, WhatsApp terus berupaya menghadirkan update terbaru dengan menyertakan beragam fitur baru dan menarik guna lebih memanjakan para penggunanya. Setelah kami sempat membahas beberapa fitur WhatsApp yang mampu mengirim foto dan video, kali ini kami akan mencoba memberikan tips dari WhatsApp cara mengirim file mp3 ke sesama pengguna WhatsApp.

13. Atur Privasi
Aplikasi WhatsApp seolah menjadi sebuah platform sosial tersendiri dengan beragam fiturnya yang cukup membantu dalam melakukan panggilan telepon maupun mengirimkan pesan. Namun tentu saja, tidak semua orang senang jika profile dirinya kerap diintip oleh orang lain. Tapi jangan khawatir, WhatsApp telah memberikan pengaturan Privacy yang bisa membatasi siapa yang bisa melihat profile maupun status Anda sebagai pengguna WhatsApp terhadap orang asing yang tidak Anda kenal.

14. Membuat Grup Chat
Kegiatan chatting melalu gadget seperti smartphone atau tablet belakangan ini tampaknya paling cukup digemari. Akan tetapi, mengobrol secara bersamaan dengan kawan atau saudara lebih dari satu orang, tentunya akan lebih mengasyikkan lagi.

Untuk melanjutkan beberapa tips WhatsApp dari kami sebelumnya, kali ini kami mencoba memberikan tips cara mengobrol dengan banyak teman melalui WhatsApp dengan membuat group chat.
Dengan obrolan grup, tentunya akan lebih seru karena kalian dapat mengobrol (chatting) langsung dengan banyak orang di anggota grup tersebut.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kumpulan Tips WhatsApp"

Posting Komentar